Sunday, November 22, 2015

Salam Jawa Timur “mangan ora mangan sing penting kumpul bareng”

            Nama saya angga saputra oktavian,biasa di panggil angga atau okta. Saya lahir di kota Surkarta Jawa Tengah. Namun saya tinggal di Kota Magetan. Magetan adalah suatu kota di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, yaitu di tandai dengan Gunung Lawu, di tempat saya tinggal terdapat banyak sekali potensi wisata alam yang berada di Magetan. Yaitu terdapat air terjun Cemoro Sewu, atau orang sering menyebut Grojogan sewu,. Air terjun tersebut terlelak di kaki gunung lawu. Lalu ada telaga Sarangan dan telaga Wurung dengan tersedia fasilitas speedboat dan perahu bebek. Selain wisata alam ada juga wisata budaya yaitu berupa tumpeng Bolu yang diselengarakan setiap Suro an ketika ulang tahun jadinya Kota Magetan. Selain itu terdapat wisata spiritual atau budaya lain yaitu dengan tumpengan berupa sesaji dari warga yang meletakkannya di tengah telaga Sarangan , karena di tengah telaga tersebut terdapat pulau kecil.
            
Selain wisata alam dan wisata budaya,terapat pula wisata kuliner di Kota Magetan yaitu seperti pecel asli magetan,sate jamur, sate kelinci,  lalu makanan ringan jerangking, rengginang, lempeng dan kuliner sego iwak kali. Dari sekian banyak kuliner yang terkenal adalah pecel dan lempeng. Lempeng itu adalah sejenis krupuk tetapi terbuat dari nasi yang di keringkan lalu di goreng kembali rasanya gurih dan enak.
              
Selanjutnya terapat wisata cinderamata yakni yang terkenal adalah kerajinan kulit yaitu bahan-bahan seperti tas, sabuk, sepatu, sandal, jaket dan lainnya tebuat dari asli kulit sapi atau kulit hewan lainnya . Toko kerajinan kulit ini terletak d jalan sawo kota Magetan. Kondisi dari Kota Magetan ini cukup dingin dan pemandangan yang indah karena dekat dengan pemandangan Gunung Lawu dengan tinggil puncak 3265 MDPL.


Salam Jawa Timur    “mangan ora mangan sing penting kumpul bareng” 

Nama : Angga Saputra Oktavian


No comments:

Post a Comment