Sunday, November 22, 2015

Citayam

Citayam merupakan suatu daerah yang memiliki wilayah yang sebagian besar termasuk dalam cakupan wilayah Depok dan sebagian lainnya termasuk cakupan wilayah Kabupaten Bogor. Oleh karena itu Citayam dapat dikatakan sebagai daerah perbatasan sehingga gaya berbahasa masyarakat Citayam terpengaruh oleh Bahasa Sunda dan Bahasa Betawi. Selain itu, karena menjadi wilayah perbatasan, kuliner khas daerah Citayam sangat mirip dengan kuliner khas Sunda dan Betawi. walaupun Citayam merupakan daerah perbatasan, Citayam tetap memiliki kampung asli yang dikenal sebagai Desa Citayam. Mungkin Desa Citayam ini lebih familiar disebut sebagai daerah Sasak Panjang.  
Citayam memiliki kuliner khas seperti dodol, geplak, gado-gado, karedok, tape, dan rujak. Kuliner-kuliner tersebut merupakan kuliner yang juga terdapat di daerah Sunda dan daerah Betawi. Walaupun kuliner tersebut bukan kuliner asli, namun mengenai rasa tetap bisa di adu. Penyebabnya karena mayoritas pedagang kuliner-kuliner tersebut merupakan pedagang yang sudah lama serta berpengalaman bahkan sebagian dari mereka merupakan pedagang turun menurun.
Citayam memiliki kebudayaan yang lebih condong mirip ke kebudayaan Betawi. Seperti saat hajatan pernikahan atau khitanan, sering diadakan pertunjukkan silat, lawak-lawakan, pantun, rebana, dan petasan. Mengenai lawak-lawakan, gaya bahasa yang digunakan lebih condong mengikuti gaya bahasa masyarakat Betawi.
Citayam memiliki destinasi wisata seperti Situ Citayam. Situ ini masuk kedalam wilayah Depok. Gapura yang ada pun bertuliskan selamat datang di wisata air Situ Citayam Depok. Namun kini gapura tersebut sudah agak rusak. Tidak hanya gapura, wahana yang dulu ada pun kini sudah rusak seperti bebek-bebekan. Selain itu situ ini sudah tidak terurus sejak kerusuhan saat dirayakannya ulang tahun Kota Depok pada tahun lalu. Kini pengelolaan situ hanya sekedar membersihkan sampah saja dan itupun dilakukan oleh masyarakat sekitar. 

Nama               : Annas Akbar Putranto

No comments:

Post a Comment