Sunday, November 22, 2015

Cianjur

Cianjur memiliki filosofi yang sangat bagus, yakni ngaos, mamaos dan maenpo yang mengingatkan tentang 3 (tiga) aspek keparipurnaan hidup. Ngaos adalah tradisi mengaji yang mewarnai suasana dan nuansa Cianjur dengan masyarakat yang dilekati dengan ke beragamaan. Cianjur pun diberi julukan “Kota Santri”.Mamaos adalah seni budaya yang menggambarkan kehalusan budi dan rasa menjadi perekat persaudaraan dan kekeluargaan dalam tata pergaulan hidup. Seni mamaos tembang sunda Cianjuran lahir dari hasil cipta, rasa dan karsa Bupati Cianjur R. Aria Adipati Kusumahningrat yang dikenal dengan sebutan Dalem Pancaniti.Seni mamaos ini terdiri dari alat kecapi indung (Kecapi besar dan Kecapi rincik (kecapi kecil) serta sebuah suling yang mengiringi panembanan atau juru. Pada umumnya syair mamaos ini lebih banyak mengungkapkan puji-pujian akan kebesaran Tuhan dengan segala hasil ciptaanNya. Sedangkan Maenpo adalah seni diri pencak silat yang menggambarkan keterampilan dan ketangguhan. Aliran ini mempunyai ciri permainan rasa yaitu sensitivitas atau kepekaan yang mampu membaca segala gerak lawan ketika anggota badan saling bersentuhan. Dalam maenpo dikenal ilmu Liliwatan (penghindaran) dan Peupeuhan (pukulan). 
            Cianjur juga memiliki banyak sekali objek wisata yang sudah terkenal maupun belum. Adapun objek wisata tersebut sebagai berikut.
1.      Kebun Raya Cibodas
Objek wisata Cianjur ini terletak di Jln. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur. Kebun Raya Cibodas adalah tempat yang sempurna bagi pengunjung yang benar-benar ingin menyatu dengan alam, karena disini, pengunjung dapat melihat ribuan koleksi tanamandan koleksi herbarium sertaratusan jenis koleksi biji,. Koleksi tanaman di sini terbagi dalam dua koleksi, yakni koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca. Koleksi tanaman di rumah kaca terdiri atas anggrek, kaktus, dan sukulen. Namun Anda juga dapat menemukan jenis tumbuhan liar di dalam kebun. Kebun Raya Cibodas juga memiliki jenis tanaman langka yaitu Bunga Bangkai Raksasa. Tidak kalah menarik, di sekitar kawasan terdapat air terjun, yakni air terjun Ciismun. Bagi pengunjung yang suka dengan kegiatan camping juga di sediakan area Mandala Kitri. Letaknya tepat di bawah kaki kebun raya. Anda bisa memasuki area Kebun Raya Cibodas ini hanya dengan tiket masuk Rp6000,00 saja.
2.      Situs Gunung Padang Cianjur
Situs megalitikum terbesar se-Asia Tenggara ini terletak di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka. Situs megalitikum ini memiliki pola bangunan punden berundak yang asimetris, tidak dibangun simetris ke semua sisi seperti Candi Borrobudur, tetapi hanya ke satu sisi mengarah Gunung Gede. Keunikan dari situs megalitik Gunung Padang adalah ditemukannya bilah-bilah batuan yang diperuntukkan sebagai alat musik. Ini adalah penemuan pertama di Indonesia.Bagi anda yang percaya, di sekitar situs purbakala ini terdapat sumur cinta yang menurut kepercayaan akan membuat kisah asmara anda dengan pasangan menjadi romatis dan penuh cinta.


3. Pantai Jayanti
Pantai Jayanti adalah pantai yang berlokasi di Cidaun Selatan. Tapatnya d Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan. Dari pusat kota Cianjur ke pantai Jayanti dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam. Pantai Jayanti memiliki pantai yang sangat indah dan menawan. Tempatnya pun masih sangat bersih dan virginitasnya masih terjaga.
4. Curug Citambur
Curug Citambur merupakan salah satu curug atau air terjun yang memiliki pontensi wisata yang sangat bagus. Terletak di desa Karang Jaya, kecamatan Pagelaran, kabupaten Cianjur. Meskipun akses jalan menuju tempat ini berliku dan naik turun bukit, tetapi bayaran yang anda dapat setimpal. Anda disuguhi panorama alam nan eksotis, yakni airg terjun dengan ketinggian 100 m. Kesejukan udara sekitar dan halimun, bahkan sesekali pelangi muncul di sela-sela halimun akan membuat segala capek dan lelah anda hilang seketika.
5. Waduk Jangari
Waduk Jangari terletak di kecamatan Mande, Cianjur. Jangari merupakan keramba terapung tempat pemeliharaan ikan air tawar. Waduk ini memang merupakan tempat pembesaran ikan air tawar. Salah satu primadona ikan air tawar yang dipelihara disini adalah ikan mas. Ikan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur. Oleh karena itu, area ini cocok bagi anda yang gemar dengan kegiatan memancing. Anda juga bisa menikmati segarnya kelapa muda dan ikar bakar sembari menikmati indahnya waduk Jangari ini. 
6. Tracking Gunung Gede Pangrango
Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango juga merupakan objek wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, adalah salah satu Gunung yang sangat cocok untuk para pendaki pemula. Jalur tracking yang sudah tersedia dari jalur Cibodas memudahkan para pendaki menelusuri jalur ke arah puncak. Namun, tingkat kesulitan jalurnya sangat menantang. Jika beruntung anda akan menemukan berbagai satwa yang jarang terlihat seperti owa jawa, surili, ataupun macan tutul jawa. Beberapa lokasi/objek yang menarik untuk dikunjungi:
a.       Telaga Biru : Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
b.      Air terjun Cibeureum : Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak  sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut  merah yang endemik di Jawa Barat.
c.       Air Panas : Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
d.      Kandang Batu dan Kandang Badak : Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan  tumbuhan/satwa dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.
e.       Puncak dan Kawah Gunung Gede : Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur, Sukabumi, dan Bogor terlihat dengan jelas,  atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu  dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 mdpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam  perjalanan dari Cibodas.
f.       Alun-alun Suryakencana : Dataran ditutupi hamparan bunga  edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 mdpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam  perjalanan dari Cibodas.
7.Kota Bunga
Wisata ini diperuntukan bagi anda yang sudah lelah dengan hiruk pikuk kota. Disini, terdapat banyak sekali villa yang disewakan agar anda dan keluarga dapat menikmati sejuknya kota Cianjur dan pemandangan yang luar biasa indah dari atas pegunungan. Ada hal menarik lainnya, disana ada suatu tempat yang disebut dengan ‘Little Venice’ atau dengan kata lain cerminan kota Venisia, kita bisa menikmati kota tersebut dan berkeliling dengan menggunakan cano dan kapal mini boat. Bahkan ada merlionnya singapure. Untuk dapat menikmati cano dan kapal mini boat, kita cukup mengeluarkan uang 35ribu/ per orang. Selain little Venice ada juga objek lain seperti permainan anak-anak dan penyewaan kuda tunggang yang posisinya diluar area little Venice.
8. Istana Cipanas 
Istana Cipanas merupakan salah satu dari lima istana negara yang ada di Indonesia. Tempat wisata Istana Cipanas terletak di kaki Gunung Gede, 103 km dari Jakarta. Dibangun pada 1742 oleh Gubernur Jendral Gustaaf William Baron Van Imhoff, dengan luas area 26 ha, dan luas bangunan 8000 m2.
9. Bumi Perkemahan Mandalawangi
Bumi Perkemahan Mandalawangi merupakan salah satu buper yang ada di kawasan Cibodas. Buper ini memiliki objek yang menarik untuk dikunjungi yaitu Rumah Hutan selaras atau yang biasa disebut rumah liliput. Penginapan ini disebut demikian karena ukurannya yang kecil dibandingkan penginapan pada umumnya. Lalu ada pula jembatan besar untuk menyebrangi sungai dengan bentuk menyerupai komodo yang sangat besar.
10. Mesjid Agung
Mesjid ini merupakan mesjid raya yang berada di tengah kota Cianjur. Mesjid ini  memadukan gaya masjid tempo dulu dengan gaya arsitektur modern.
11. Perkebunan Teh Panyairan
Tempat berlibur Perkebunan Teh Panyairan ini terletak di Jl. Raya Campaka, Kecamatan Campaka dan Sukanagara, 35 km dari Kota Cianjur, penghasil Teh Hitam CTC.
12. Danau Sejuta Pesona 
Objek wisata bertema danau ini terletak di Kota Bunga, dengan berbagai macam permainan seperti castle, bumper boat, bumper car, gurita, mandi bola, magic ring, welly the whale, fantasy walk, the wild west, venture river, live music dan fun game.



Selain objek wisata Cianjur juga memiliki kuliner khas yang diantaranya.
1.      Tauco
Tauco adalah salah satu jenis makanan khas Cianjur yang berasal dari kebudayaan Cina. Tauco iniTerbuat dari kacang kedelai pilihan yang diproses secara tradisional, biasanya tauco di konsumsi sebagai sambal juga digunakan sebagai bumbu atau penyedap masakan lauk-pauk. Bahan baku utama tauco adalah kedelai yang kemudian diproses melalui beberapa tahapan dan difermentasi.\
2.      Bubur Cianjur
Bubur cianjur ini sangat populer buat semua kalangan di indonesia, Bubur cianjur sendiri terdiri dari isian kacang, seledri, bawang goreng, suwiran daging ayam, dan kerupuk. Tak ada kuah kuning (santan), namun yang spesial, ada potongan jeroan ayam (ati, ampela, dan usus) yang telah dimasak bersama bumbu basah warna kuning dan dilengkapi dengan gorengan risol. Rasanya juga berbeda. Bubur menjadi lebih gurih dan tidak encer.jika ingin mencicipi silakan main ke cianjur.
3.      Geco
Geco sendiri merupakan singkatan dari Tauge dan tauco  isian geco terdiri  irisan ketupat, rebusan tauge, mie sagu, dengan siraman bumbu tauco ditumis bersama tomat, daun bawang, cabai, udang, dan kacang. Ditambah lagi dengan cuka lahang yang diperoleh dari nira aren ataupun kelapa. Diatasnya diberi topping irisan kentang goreng, tahu goreng  dan telur rebus. Rasa manis, asam yang lembut, segar dan gurih menjadi paduan yang pekat dilidah.
4.      Sate Maranggi 
Sate maranggi ialah sate daging sapi yang di bumbui dengan dengan bumbu khas, Paduan rasa yang menggoda selera ini muncul karena bumbu sate maranggi terbuat dari kecap, sambal cabai hijau ditambah sedikit cuka lahang (cuka yang terbuat dari aren). Saat disajikan, bumbu kecap itu dilengkapi dengan irisan bawang merah dan tomat segar, Biasanya sate maranggi dihidang dengan ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbel.

Nama   : Vinky Oktaviani Udriandi


No comments:

Post a Comment