Sunday, November 22, 2015

Destinasi Wisata Di Kabupaten Subang


1.      Taman Wisata Alam Gunung Tangkubang Parahu
Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu adalah lokasi wisata alam yang berada di Kabupaten Subang. Tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing, sehingga jika musim liburan ke Bandung atau Subang belum lengkap jika belum mengunjungi tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. TWA Gunung Tangkuban Perahu juga terletak di sebelah utara kota Bandung dan sebelah selatan Kabupaten Subang. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2084 meter di atas permukaan air laut dan merupakan gunung yang menjadi legenda rakyat Jawa barat.
Kondisi udara di sekitar Tangkuban Perahu sangat dingin dan sejuk. Sehingga jika kita datang ke Gunung Tangkuban Perahu sangat diwajibkan membawa mantel atau jaket.Untuk mencapai Gunung Tangkuban Perahu tidak sulit, banyak angkutan umum dari Bandung atau Subang yang bisa anda gunakan. Atau jika anda ingin mengunakan kendaraan pribadi bisa juga memakai mobil atau motor. Harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu dibedakan berdasarkan kendaraan pengunjung yang dibawa dan antara turis domestik dan turis asing juga dibedakan. Kawasan ini menjadi tujuan destnasi favorit yang dimiliki oleh Kabupaten Subang dengan keindahan alam dan obyek yang menarik di kawasan tersebut.



2.      Curug Cijalu
Curug Cijalu memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan tumpahan airnya mengalir deras, sekitar 1300 meter di atas permukaan laut.  Curug Cijalu ditemani oleh air terjun lain yang dikenal dengan nama Curug Perempuan yang terletak sekitar 100 meter sebelum Curug Cijalu. Curug Cijalu ini berada dalam kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang yang sesungguhnya lebih pantas disebut Cagar Alam Gunung Sunda.
Curug ini menjadi tujuan destinasi fafvorit di kawasan Subang dengan harga tiket yang cukup terjangkau. Panorama alam yang indah menjadi daya tarik lebih yang dimiliki oleh Curug Cijalu. Berjarak sekitar 25 km dari Kota Subang dan dapat ditepuh dengan waktu 60 menit. Curug ini memiliki cerita rakyat yaitu mereka menganggap curug itu tempat mandi para bidadari, tutur seorang penduduk Desa Cipancar yang sudah tinggal disana lebih dari enam puluh tahun. Kepercayaan ini timbul lantaran saat matahari pagi memancar, akan bermunculan pelangi-pelangi kecil memantul dari curug.
3.      Curug Cileat
Curug Cilet terletak di Desa Cibago, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Curug Cileat memiliki ketinggian sekitar 100 m dan berada di sekitar Gunung Canggah dan Gunung Bukit Tunggal. Tumpahan airnya membentuk sebuah kubangan atau kolam yang sangat besar dengan radius hampir 40 meter sehingga pengunjung dapat bermain air dan berendam di sekitar tumpahan air curug tersebut. Curug Cileat ini terdiri dua buah air terjun yang berdampingan menempel di atas tebing batu, Curug yang satu debit airnya tidak terlalu besar sedangkan curug satunya lagi jatuhan airnya yang cukup deras dan besar. Curug ini belum terlalu bayak dikenal masyarakat luas sehingga memiliki potensi yang menjadi daya tarik wisata alam di Kabupaten Subang. Berjarak sekitar 37 km dari kota Subang ke arah selatan atau sekitar 60 km dari kota Bandung ke arah utara.  Dari kota Subang arahkan kendaraan ke jalan Cagak.  Selanjutnya dari Jalan Cagak ini ambil ke arah Tanjung Siang.  Sesampainya di Desa Gardu Sayang ada belokan yang ditandai dengan adanya plang kecil tanda menuju Curug Cileat.  Dari belokan ini ambil terus menuju Kantor Kelurahan Desa Mayang. Jarak dari Gardu Sayang ke desa mayang sekitar 6 km.  Dari Desa Mayang perjalanan dilanjutkan ke desa terakhir, Desa Cibago, dengan jarak sekitar 3 km.  Di desa inilah tempat pemberhentian terakhir bagi yang membawa kendaraan bermotor.
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari terminal kota Subang naik kendaraan Elf dengan trayek Subang - Tanjung Siang (ongkos sekitar Rp 10000).  Turun di Gardu Sayang, selanjutnya naik ojek ke Desa Cibago (ongkos sekitar Rp. 15000). Selanjutnya dari desa terakhir, Desa Cibago, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki lewat jalan setapak berbatu sekitar 5 km hingga tiba di lokasi curug.

Wisata Kuliner Khas Kabupaten Subang
Nanas Simadu
Nanas simadu adalah jenis nanas unggulan dari Kabupaten Subang. Jenis nanas ini memiliki ukuran yang lebih besar dari nanas pada umumnya. Nanas ini banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung dan berwisata di Kabupaten Subang. Rasa nanas simadu sangat manis dan khas menjadi potensi wisata kuliner Kota Subang. Nanas ini dapat ditemukan disepanjang jalur menuju kawasan Subang selatan tepatnya arah menuju Kota Bandung. Nanas Simadu juga sudah diolah menjadi kuliner lainnya sepert dodol nanas dan kurupuk nanas.

Budaya Khas Kabupaten Subang
Sisingaan
Sisingaan adalah jenis budaya khas Kabupaten Subang yang disimbolkan dengan replika singa yang di pikul oleh manusia.Sisingaan ini sering ditampilkan pada saat hajatan masyarakat Subang. Sisingaan ini sudah dikenal di Indonesia dan sudah memegang rekor muri Indonesia. Budaya ini menjadi potensi wisata budaya di Kabupaten Subang dan juga Jawa Barat.

Nama              : Rifki Azfar Septiandy

No comments:

Post a Comment