Sunday, November 22, 2015

Madiun, Jawa Timur


Perkenalkan nama saya Wanda Hanani Putri. Saya berasal dari Kota Madiun, Jawa Timur. Madiun memiliki beberapa potensi wisata yang dapat dikembangkan. Wisata tersebut berupa wisata budaya, wisata kuliner, dan beberapa kawasan yang digunakan sebagai destinasi wisata. Namun, tidak hanya wisata yang ada di Kota Madiun saja yang akan saya ulas 
Wisata budaya yang ada di Madiun yakni dongkrek dan kesenian silat. Dongkrek dipopulerkan tahun 1910 oleh Raden Bei Lo Prawirodipura, seorang palang di daerah Caruban. Seni musik tradisional ini punya banyak versi, dari Madiun selatan, dari Takeran (Kabupaten Magetan), sampai dari Ngawi juga ada. Semua versi itu untuk kebaikan, filosofinya untuk tolak bala dan mengandung pesan bahwa kebaikan mengalahkan kebathilan .
Filosofi seni Dongkrek ini, dulu rakyat Mejayan terkena wabah penyakit. Ketika siang sakit, sore hari meninggal, atau pagi sakit malam hari meninggal dunia. Raden Prawirodipuro sebagai pemimpin Caruban mencoba merenungkan metode atau solusi penyelesaian atas wabah penyakit yang menimpa rakyatnya. Setelah melalui renungan, meditasi, dan bertapa di gunung kidul Caruban, dia mendapatkan wangsit untuk membuat semacam tarian atau kesenian yang bisa mengusir bala tersebut.
Dalam cerita tersebut, wangsit menggambarkan para punggawa kerajaan roh halus atau pasukan genderuwo menyerang penduduk Caruban dapat diusir dengan menggiring mereka keluar dari wilayah Caruban. Maka dibuatlah semacam kesenian yang melukiskan fragmentasi pengusiran roh halus, yang membawa pagebluk tersebut. Kesenian tersebut terdiri dari pagebluk digambarkan dengan sosok seram genderuwo. Serta sosok kakek yang menceritakan sebagai penyembuh dari warga yang terkena pagebluk. Alat musik yang digunakan berbunyi khas yakni “krek”, hal tersebut yang menjadi penyebab kenapa kesenian tersebut dinamakan dongkrek. Demikian riwayat singkat perjalanan dari kesenian Dongkrek sendiri. Ilustrasi kostum dan alat musik yang digunakan pada kesenian dongkrek.
Selain dongkrek terdapat kesenian beladiri pencak silat. Bentuk pelestarian kesenian beladiri seperti masih adanya berbagai organisasi pencak silat yang asli Madiun seperti Setia Hati yang merupakan salah satu perguruan pencak silat tertua di Indonesia yang turut membentuk alur aliran pencak silat di Indonesia, Setia Hati Terate yang dapat dikatakan sebagai organisasi pencak silat terbesar di Indonesia yang turut membidani lahirnya IPSI.kesenian pencak silat di Madiun lebih banyak dipengaruhi oleh budaya jawa (kejawen) baik dari gerakan maupaun semua adat dan ritualnya semua berbau kejawen. Gambar 2 merupakan ilustrasi suasana peringatan hari besar oleh salah satu padepokan silat di Kota Madiun.

Madiun juga terkenal dengan kulinernya yakni brem dan pecel madiun. Setiap orang yang membawa kedua oleh-oleh ini pasti sudah hafal bahwa makanan tersebut dari Madiun. Brem merupakan cemilan khas berbentuk papan berwarna crem yang memiliki rasa asam manis. Bentuk fisik brem terlihat keras, namun dapat meluber ketika dimakan. Brem terbuat dari sari tape singkong maupun beras ketan yang difermentasikan. Brem juga bermanfaat untuk mencegah jerawat. Gambar 3 menampilkan bentuk dan warna brem.
Makanan khas dari Madiun lain yakni pecel. Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayuran rebus yang disiram dengan saus kacang. Pecel juga dilengkapi lauk seperti tempe goring, telur ceplok, ayamm, dan lain-lain. Pecel dihidangkan dengan alas yang berbeda seperti piring lidi yang disebut ingke, dan pincuk (alas dari daun pisang). Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal pecel terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, daun jeruk purut dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek. Selain itu, ada pula yang menambahkan daun bawang putih dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel. Umumnya, setiap kabupaten di Jawa Timur memiliki variasi pecel masing-masing.
Destinasi wisata yang terkenal di Madiun terdapat wana wisata grape, Air terjun krecekan ndenu, Madiun square, dan suncity water and theme park. Wana wisata Grape terletak di Kabupaten Madiun, tepat berada di kaki gunung Wilis, 15 Km dari kota Madiun.
Grape merupakan tempat wisata hutan di Kabupaten Madiun. Lokasi taman rekreasi ini berada di tepi hutan jati yang merupakan wilayah KPH Madiun dengan luas area sekitar 1,5 hektar. Grape adalah salah satu objek wisata yang bernuansa alami dan sejuk.. Tempat ini sangat cocok untuk memulihkan hati dan jiwa dan refreshing dari hiruk pikuk kehidupan kota. Terdapat sungai yang mengalir jernih yang bersumber langsung dari mata air pegunungan Dungus. Terdapat juga aula pertemuan dan taman bermain anak. Selain itu, perkebunan ini juga bisa digunakan untuk olahraga gunung seperti sepeda, hiking, panjat tebing dan berkemah.
Tak jauh dari lokasi wana wisata grape terdapat air terjun yang bernama krecekan ndenu. Air terjun krecekan ndenu yang terletak di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang mencari tempat alami dengan pemandangan pepohonan hijau serta udara segar di Madiun. Akses menuju air terjun krecekan ndenu telah disediakan jalan setapak dengan panjang sekitar 1 km untuk memudahkan pengunjung. Gambar 4 menjelaskan tentang salah satu jalan setapak yang ada di di ir Terjun Krecekan Ndenu.
Selain kedua lokasi tersebut, terdapat dastinasi wisata favorit masyarakat Madiun. Destinasi tersebut adalah Madiun Square. Madiun square adalah sebutan dari alun-alun Madiun. Alun-alun merupakan taman yang berfungsi sebagai identitas kota. Daya tarik Madiun Square adalah pengunjung dapat memberi makan burung dara secara langsung. Selain itu, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas olahraga, pertunjukan seni, serta dapat digunakan sebagai pasar yang menjual anekan makanan dan pakaian. Pemenrintah juga memnfaatkan area ini untuk upacara 17 Agustus. Gambar 5 merupakan salah satu akses masuk kawasan Madiun Square, tepatnya dari pintu timur.
Madiun juga memiliki tempat wahana permainan, Sun City Water and Theme Park adalah salah satu tempat wisata di Madiun yang bisa dikunjungi. sesuai dengan namanya tempat ini menawarkan wahana bermain air dan juga wahana permainan darat (theme park). Kawasan terletak di tengah kota serta berada dalam satu area dengan Suncity Mall.



No comments:

Post a Comment