Sunday, November 22, 2015

Destinasi Wisata yang ada di Bogor


Kota Bogor merupakan sebuah kota di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatanJakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Hari jadi Kabupaten Bogor dan Kota Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni, karena tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran. Bogor terdapat banyak destinasi wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja dan wisata kuliner.
Destinasi wisata alam yang dapat dilakukan di Bogor yaitu, berkunjung ke Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani terbesar yang terletak di kota Bogor, memiliki luas 85 hektar sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi berpiknik bersama keluarga dan teman-teman. Di Kebun Raya Bogor memiliki beberapa koleksi andalan, yakni bunga Titan Arum. Termasuk jenis bunga bangkai terbesar, hingga ketinggian 3 meter yang apabila mekar akan mengundang banyak lalat mendekat dan terdapat pula berbagai jenis tanaman anggrek yang indah.
Destinasi wisata lainnya yang ada di Bogor yaitu, Telaga Warna Puncak merupakan sebuah objek wisata danau yang warnanya dapat berubah sesuai dengan kondisi alamnya menurut warga setempat. Objek wisata Telaga Warna Puncak Bogor yang terletak tidak jauh dari puncak pass atau restoran rindu alam. Di Telaga warna bisa bermain berbagai jenis permainan air seperti menggunakan perahu rakit. Sebelum ditetapkan sebagai kawasan taman wisata, kawasan Telaga Warna  merupakan bagian dari kawasan Cagar Alam Hutan Gunung Mega Mendung dan Hutan Gunung Hambalang. Selain itu, terdapat destinasi wisata lain disekitarnya yaitu, Curug Cilember merupakan salah satu objek wisata air terjun di  Puncak yang menawarkan kesejukan dan keindahan alam yang asri dan segar. Objek wisata ini terletak di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Objek wisata ini memiliki tujuh buah air terjun di tempat yang berbeda-beda dengan jeram tertinggi mencapai 40 meter.
Masih banyak destinasi wisata lainnya di Bogor, jika semuanya dideskripsikan akan memakan waktu yang cukup lama. Destinasi wisata yang ada di Bogor meliputi: Warso Farm, Kampung Budaya Sindangbarang, Prasasti Batu Tulis, The Jungle Water Adventure, Taman Safari Indonesia, Taman Wisata mekarsari, Gunung Pancar, Air Terjun Bidadari, Jungle Land Adventure theme Park, Air Panas Ciparay dan lain sebagainya.
Wisata Kuliner yang bisa dilakukan di Kota Bogor yaitu, menikmati makanan Khas Bogor yang sangat terkenal yaitu Roti Unyil merupakan salah satu dari banyak oleh-oleh yang wajib dicicipi dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga besar setelah melakukan wisata di Bogor. Talas Bogor bisa jadi sudah cukup populer di kalangan wisatawan yang datang ke kota Bogor. Namun, bagaimana dengan Bolu Lapis Sangkuriang? Bolu ini merupakan cara baru untuk menikmati talas Bogor. Bolu ini terdiri dari dua warna yaitu kuning dan ungu. Bolu Lapis Sangkuriang ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa tahan lama sampai 4 hari di luar lemari es.Terdapat juga Asinan Bogor yang memang sudah sangat lekat dengan image kota Bogor. Meskipun saat ini asinan dapat ditemukan di Jakarta dan kota-kota lainnya, namun menikmati asinan asli Bogor akan menimbulkan sensasi tersendiri.


Demikian destinasi wisata yang ada di daerah asal saya yaitu Bogor, Jawa Barat. Semoga bisa dijadikan referensi ketika ingin atau akan mengunjungi daerah asal saya yaitu Bogor, Jawa Barat. 
Nama              : Wilda Puspa Nalasari

No comments:

Post a Comment