Sunday, September 6, 2015

Wisata Kuningan, Jawa Barat


Daerah Tujuan Wisata atau biasa disebut dengan Destinasi Wisata, merupakan suatu kawasan yang memiliki ciri khas dan keunikan. Keunikan-keunikan tersebut menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk datang ke suatu lokasi wisata. Beberapa lokasi wisata alam di Kuningan yang pernah saya kunjungi, di antaranya adalah :
1.      Talaga Remis
Talaga Remis merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Kaduela, Kuningan, berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Kuningan. Terakhir saya mengunjungi kawasan wisata ini adalah setelah lebaran idul fitri 2015. Kondisi kawasan wisata saat saya kunjungi sangatlah ramai, fasilitas parkir yang disediakan pihak pengelola pun sangatlah penuh, hal tersebut dikarenakan banyak masyarakat kuningan maupun cirebon yang berliburan. Disana juga tersedia sepeda air untuk mengelilingi telaga.
2.      Waduk Dharma

Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan,  tepatnya di Kecamatan Dharma. Untuk menuju kawasan wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jarak waduk dharma dari kota kuningan kurang lebih 12 km. Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini berupa gazebo serta banyak pedagang yang berjualan di kawasa tersebut.
3.      Si Domba
Kawasan wisata ini berlokasi di desa Peusing kecamatan Jalaksana yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari kota Kuningan Jawa Barat. Di kawasan wisata ini terdapat beberapa daya tarik, di antaranya adalah air terjun yang dapat di akses menggunakan tangga dengan jumlah anak tangga sebanyak 99 anak tangga. Seim itu terdapat hewan hewan unik seperti domba bertanduk empat dan masih banyak yang lainnya. Fasilitas yang ada di kawasan wisata si domba adalah mobil wara wiri berbentuk domba yang banyak menarik perhatian anak-anak.
4.      Palutungan
Palutungan & Curug Putri adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Palutungan & Curug Putri merupakan sebuah kawasan hutan dan air terjun yang terletak di kaki gunung Ceremai tepatnya di Kecamatan Cigugur, berjarak ±10 km dari pusat kota Kuningan. Kawasan wisata ini juga biasa di gunakan untuk kegiatan berkemah. Kawasan ini banyak di kunjungi oleh remaja karena jarak menuju lokasi ini cukup jauh dan medan yang ditempuh cukup sulit dengan jalanan yang menanjak. Tetapi pengunjung yang datang dapat melihat kota kuningan yang indah dari ketinggian.
5.      Hutan Kota Mayasih dan Taman Bungkirit
Gambar (a) hutan kota mayasih; 



Gambar (b) taman bungkirit
luas hutan kota mayasih ± 30.000 m2. Kawasan ini merupakan bekas lokasi penambangan batu yang letaknya di Blok Mayasih  Kec. Cigugur, Kab. Kuningan. Kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfot karena pemandangannya yang sangat indah dan berada di ketinggian.
Hutan Kota Bungkirit Kuningan mulai di bangun sejak tahun 2007,  yang dilakukan awal adalah merehabilitasi lahan yang kritis dengan cara penghijauan. Luas kurang lebih 2ha. Lokasi cukup strategis dikarenakan kurang lebih 2 km dari pusat kota Kuningan, secara lengkap berada di jalur antara Kota Kuningan dengan Kecamatan Cigugur.
Selain itu, saya juga pernah berkunjung ke lkawasan wisata diluar Kuningan, yaitu Cibodas Botanical Garden, atau biasa disebut dengan Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas merupakan suatu kawasan yang mengoleksi berbagai macam tanaman dan pohon. Selain itu, di Kebun Raya Cibodas juga terdapat macam-macam taman, diantaranya Taman Sakura yang terdapat pohon-pohon sakura dan berbunga dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan januari dan pada bulan juni. Padahal di nagara asalnya, bunga sakura hanya berbunga satu kali. Selanjutnya dan ada Taman Lumut yang memiliki koleksi lumut sebanyak 216 jenis, dan taman Rododendron. apabila pengunjung ingin memebeli tanaman hias, pengunjung dapat mendatangi galeri tanaman hias dengan jam buka pukul 08:00 sampai dengan pukul 16:00 WIB.
Kebun Raya Cibodas sangat cocok dikunjungi oleh keluarga, karena tempatnya yang luas dan juga sangat tenang. Kebun Raya Cibodas tidak hanya digunakan sebagai tempat penelitian dan tempat wisata, tetapi juga sering digunakan sebagai tempat shooting baik sinetron, vidio klip, film dan lain-lain. Pemotretan juga sering dilakukan di area kebun raya cibodas yang luas, yaitu 125 hektare denga ketinggian 1.425 meter di atas permukaan laut. Terdapat berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, diantaranya adalah lapangan parkir yang dapat menampung 200 mobil dan mobil wara-wiri yang hanya beroperasi sesekali. sarana yang sering digunakan adalah jalan air, jalan air ini merupakan sungai yang airnya langsung dari Curug Cibeureum. Serta Kebun Raya Cibodas juga memiliki air terjun atau biasa disebut dengan curug, yaitu Curug Ciismun.

Aksesibilitas menuju Kabun Raya Cibodas dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Kendaraan umum yang dapat digunakan, diantaranya adalah mobil kol mini (L300) dari terminal Baranangsiang Bogor, atau menggunakan bus Marita jurusan Kampung Rambutan-Cianjur. Angkutan-angkutan umum tersebut beroperasi seharian penuh, dengan jumlah penumpang yang relatif penuh atau kosong. Jalan menuju Kebun Raya Cibodas sebagian besar telah ber-aspal dan memudahkan pengunjung untuk mendatangi lokasi wisata yang menjadi tempat favorit kunjungan wisata keluarga.
By: : Ika Mardiana

No comments:

Post a Comment