Friday, September 4, 2015

POTENSI WISATA DI DAERAH ASAL, CILEGON


Saya berasal dari daerah Cilegon-Banten. Adapun potensi destinasi wisata yang terdapat di daerah saya meliputi Pantai Anyer, Situ Rawa Arum, Pantai Kelapa Tujuh (Merak), Bukit Batu, dan Curug Lawang. 
Pantai Anyer terletak di Kabupaten Serang perbatasan Kota Cilegon-Serang.  Pantai ini terbagi menjadi dua wilayah, sebagian masuk wilayah Serang dan sebagian lagi masuk ke wilayah Cilegon. Banyak atraksi wisata yang di tawarkan pada lokasi ini. Selain pemandangannya yang indah, atraksi lainnya didapatkan dari wahana permainan air yang di sediakan oleh pihak pengelola. contoh dari wahana air tersebut seperti, jetsky, banana boat, paralayang dan masih banyak lagi. Selain itu, ombak yang terdapat di sepanjang pantai anyer tidak terlalu tinggi, sehingga aman bagi para wisatawan keluarga apabila membawa anaknya bermain di destinasi wisata ini. 

Selain pantai terdapat juga curug di daerah Anyer. Curug ini bernama Curug Cinangka, lokasinya masih sulit untuk di akses, karena perjalanannya jauh selain itu letaknya berada di tengah hutan di perkampungan warga. Namun, apabila sampai di destinasi ini maka wisatawan akan terbayarkan rasa lelahnya. Airnya masih sangat jernih dan dingin.

Pantai Kelapa Tujuh, terletak di daerah Merak. Pantai ini tidak terlalu jauh lokasinya dari Pelabuhan Merak. Hanya berjalan lurus lagi sekitar 500m, maka akan sampai di Pantai Kelapa Tujuh. Pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang dan udara yang cukup menyejukan, karena di destinasi wisata ini banyak terdapat pohon kelapa. 
Selain itu ada juga tanaman mangrove yang ditanam disini. Selain pantai, merak juga memiliki situ, yaitu Situ Rawa Arum. Destinasi wisata ini baru terkenal belakangan ini. Awalnya Situ Rawa Arum hanyalah sebuah rawa biasa, namun karena berpotensi maka masyarakat sekitar mengembangkan destinasi wisata ini dengan membangun dermaga kecil pada bagian sisi rawanya serta menyediakan permainan air, seperti perahu bebek.

Kota Cilegon bukan hanya terkenal dari Pantainya saja, namun terdapat makanan khas Kota Baja ini. Beberapa makanan tradisional asli Cilegon adalah ceplis, getas, gipang dan yang paling terkenal adalah sate bandeng. Ceplis merupakan makanan olahan dari emping. Makanan ini merupakan cemilan yang bisa dinikmati kapan saja. terdapat dua varian rasa, yaitu gurih dan pedas. 
Getas merupakan keripik yang terbuat dari tepung beras yang digiling kemudian dijadikan adonan, setelah itu dibentuk menjadi pipih dan digoreng. Getas ini cocok sekali apabila dimakan bersama dengan bakso ataupun makanan berkuah lainnya. Selain itu, getas juga bisa menggantikan peran kerupuk, rasanya gurih dan asin. 
Gipang merupakan makanan yang dibuat dari rengginang namun diolah lagi dengan tambahan gula dan kacang pada bagian atasnya. Rasanya manis dan gurih, cocok sekali apabila dijadikan sebagai buah tangan ataupun cemilan biasa.

By: Novita Nurafni

No comments:

Post a Comment