Friday, September 4, 2015

Wisata di Berastagi, Tanah Karo


Saya lahir dan tinggal di Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Potensi wisata di Berastagi sangat banyak, diantaranya wisata alam, budaya, dan kuliner. Potensi wisata tersebut saat ini sedang berkembang contohnya dar wisata alam dan wisata budaya. Banyak pengunjung yang berkunjung ke Berastagi baik itu pengunjung lokal tau mancanegara.

A. Wisata Alam di Tanah Karo
Wisata alam yang terdapat di Berastagi sangat banyak. Wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Contohnyapemandian air panas, Gua Liang dahar, Gunung Sibayak dan Sinabung, Penatapan  Doulu, Bukit Gundaling, Danau Lau Kawar, dan lain-lain.

1. Gunung Sibayak
Gunung Sibayak merupakan gunung yang aktif dengan memiliki kawah besar dan kecil. Ketinggian gunung ini 2.172 m dari permukaan laut. Pendakiannya melewati hutan belantara tropis dan tebing yang penuh tantangan serta di puncak gunung terdapat hamparan dataran tempat berkemah. Dari puncak gunung terlihat kawah yang masih aktif mengeluarkan magma dan pemandangan yang indah dan menawan. Jalur untuk mendaki gunung ini ada dua. Jalur pertama di Desa Jaranguda dengan jarak1,5 km dari Kota Berastagi. Jalur kedua dari Desa Raja Berneh dengan jarak 15 km dari Kota Berastagi.


2. Gunung Sinabung
Gunungapi Sinabung adalah gunungapi strato berbentuk kerucut, dengan tinggi puncaknya 2460 m dpl. Gunung dapat di tempuh melalui Kota kabanjahe dan Jalan Udara berastagi.

3. Pemandian Air Panas Lau Debuk-Debuk
Obyek wisata ini merupakan pemandian air panas yang mata airnya bersumber dari perut bumi. Pemandian ini mengandung unsur belerang sehingga dapat mengobati penyakit gatal-gatal.Pemandian ini biasa dibuat sebagai pengganti mandi sauna. Lokasinya berada di Desa raja Berneh atau dibwah Gunung Sibayak.

4. Pemandian Air Panas Semangat Gunung
Lokasi pemandian ini di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Raja Berneh. Berbeda dengan Pemandian Air Panas Lau Debuk-Debuk, pemandian air panas ini dikelola dalam bentuk kolam renang. Suhu di pemandian ini berbeda-beda sesuai dengan keininan dan permintaan pengunjung. Pemandian ini mengandung unsur belerang sehingga dapat mengobati penyakit gatal-gatal.

5. Taman Hutan Raya Bukit Barisan
Objek wisata ini merupakan kawasan hutang seluas ± 7 Ha. Taman Hutan Raya memiliki jenis tumbuhan yang berusia diatas 60 tahun, kupu-kupu spesies langka, dan satwa liar separti monyet ekor panjang. Jarak dari Kota Berastagi ke Objek Wisata ini, yaitu 5 km.
 

6. Gua liang Dahar
Gua ini memiiliki tiga ruangan besar dengan ukuran 500m, 400m, dan 300m. Didalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke Desa Bekerah. Pada dinding atas Gua terdapat burung layang-layang dan kalong. Jarak Kota Berastagi ke objek wisata ini 40 km.

B. Wisata Kuliner
Masakan khas Karo umumnya banyak menggunakan rempah-rempah sebagai bahan utamanya. Contoh masakan Karo, yaitu tasak telu, labar (cimpa jagung), terites, dan cipera.

1. Tasak Telu
Tasak Telu dalam bahasa Karo berarti masakan tiga jenis. Masakan ini terdiri dari  ayam buras rebus dengan bumbu khusus, cepera atau kuah ayam yang dicampur jagung gongseng dan sambal geruk nipis lalu dicampur dengan darah ayam.h. Sambal getah yang dimaksud yaitu cabe rawit yang digiling bersama jeruk nipis dan dicampur dengan sedikit darah ayam.
 

2. Labar (Cimpa jagung)
Jong labar adalah makanan khas suku tradisional dari tanah Karo. Jong dalam bahasa indonesia berarti "jagung". Jong labar terbuat campuran tepung dan jagung yang ditumbuk halus yang diberi lada dan garam kemudian dibalut dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.
 

3. Trites
Trites adalahmakanankhasKaro yang mungkintidakadasukudi duniaini yang mempunyaicirikhassepertiini. Tritesterbuatdaribahanpokokutamamakananlembu/kerbau yang masihada di lambung (ususbesar). Maknan tersebutsudahdihaluskankembaliolehkerbau/lembutetapibelumdihisapsarinya. Jadiketikalembu/kerbaudipotongbahandaridalamusustersebutdipisahkan di dalamwadah yang lain.makanan ini terlihat menjijikan dan berbau tetapi makanan ini memiliki khasiat mengobati  sakit perut dan bagai yang sudah merasakan, makanan ini sangat lezat.
 

4. Cipera
Di Tanah Karo, ada masakan ayam yang sangat populer dengan nama cipera. Potongan ayam kampung – termasuk leher, sayap, kaki, hati-ampla – dimasak dengan tepung jagung sampai empuk dan berkuah kental. Tepung jagung harus dari bulir tua jagung Medan, agar menghasilkan kuah yang kental. Tepung jagung ini yang sebenarnya disebut cipera. Kuah kental ini bercitarasa pedas karena memakai tuba (andaliman = Shanghaipeppercorn), dan sedikit asam karena memakai asam tikala (dari buah honje kecombrang). Selain ayam, juga dicampurkan jamur merang ke dalam kuah.
 

C. Wisata Budaya

Atraksi budaya yang ada di Tanah Karo, yaitu tembut-tembut seberaya. tembut-tembut seberaya sama dengan Ondel-Ondel Betawai yang menggunakan kostum seperti boneka. Perbedaannya dari unsur adat dan makna cerita. Tembut-tembut seberaya diyakini oleh masyarakat sebagai pendatangnya hujan. Atraksi ini sering dilakukan di Desa Seberaya, Kecematan Tigapanah, Kabupaten Karo. Selain itu, terdapat pesta tahunan di berbagai desa di Tanah Karo. Acara ini diadakan setahun sekali. Pada acara ini selalu ditampilkan tarian-tarian khas karo, seperti Tari Lima Serangkai, Tari Roti Manis, dan Tari Terang Bulan. 


By: Eviralonta Br Perangin-angin

No comments:

Post a Comment