Sunday, September 6, 2015

Wisata Bandar Lampung

a.       Pulau Teluk kiluan: Pulau Teluk Kiluan terletak di desa Pekon Kiluan Negri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selaatan. Pantai ini merupakan surga yang tersembunyi, karna belum banyak masyarakat domestik yang mengetahuinya, namun belakangan ini karena banyak nya paket perjalanan yang murah Teluk Kiluan menjadi primadona. Ombak nya yang besar serta batu karang yang tidak begitu banyak menjadi tempat yang strategis untuk para pencinta shurfing. Keindahan alam bawah laut nya dan lumba-lumba menjadi daya tarik utama dari Teluk Kiluan ini.
b.      Taman Nasional Way Kambas: Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.Taman Nasional Way Kambas memiliki 50 jenis mamalia diantaranya badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), tapir (Tapirus indicus), anjing hutan (Cuon alpinus sumatrensis), siamang (Hylobates syndactylus syndactylus); 406 jenis burung diantaranya bebek hutan (Cairina scutulata), bangau sandang lawe (Ciconia episcopus stormi), bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus), sempidan biru (Lophura ignita), kuau (Argusianus argus argus), pecuk ular (Anhinga melanogaster); berbagai jenis reptilia, amfibia, ikan, dan insekta. Gajah-gajah liar yang dilatih di Pusat Latihan Gajah (9 km dari pintu gerbang Plang Ijo) dapat dijadikan sebagai gajah tunggang, atraksi, angkutan kayu dan bajak sawah. Pada pusat latihan gajah tersebut, dapat disaksikan pelatih mendidik dan melatih gajah liar, menyaksikan atraksi gajah main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya.
c.       Taman Nasional Bukit Barisan Selatan: Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terletak di ujung wilayah barat daya Sumatera. Tujuhpuluh persen dari taman (249.552 hektare) termasuk dalam administrasi wilayah Lampung Barat dan wilayah Tanggamus, dimana keduanya adalah bagian dari Provinsi Lampung. Bagian lainnya dari taman mencakup 74.822 hektare (23% dari luas taman keseluruhan) dan berada di wilayah Kaur dari provinsi Bengkulu. Sumatera Selatan juga sangat penting bagi tumpang-tindih perbatasan taman dengan perbatasan provinsi. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah sebuah taman nasional yang ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra beserta kekayaan alam hayati yang dimilikinya. UNESCO menjadikan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sebagai Warisan Dunia. Tumbuhan yang menjadi ciri khas taman nasional ini adalah bunga bangkai jangkung (Amorphophallus decus-silvae), bunga bangkai raksasa (A. titanum) dan anggrek raksasa/tebu (Grammatophylum speciosum). Tinggi bunga bangkai jangkung dapat mencapai lebih dari 2 meter.
d.      Danau ranau:  Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar.
e.       Pantai Sari Ringgung: merupkan suatu pantai yang baru yang ada di lampung, kabupaten pesawaran. Pantai ini memiliki air yang biru jernih dengan batu karang yang tidak begitu banyak. Selain itu kita terdapat sebuah pulau kecil yang terjadi karena pasir yang timbul di tengah laut. Kita dapat ke pulau itu dengan menggunakan perahu yang di sediakan oleh pengelola. Di pulau itu pemandangan dan air lebih indah, banyak burung yang terbang mencari makan.
 

 By : Sekariries Cesa Rini

No comments:

Post a Comment