Friday, September 4, 2015

Wisata Karawang, Jawa Barat

Makan Khas :
1.      Sorabi Hijau khas Rengasdengklok
Sorabi hijau atau yang lebih sering dikenal sebagai sorabi kuntilanak, ini sudah ada sejak 1995. Lebih dikenal sebagai sorabi kuntilanak karena letak lokasi penjualan sorabi ini dulunya dekat dengan kuburan. Sorabi kuntilanak ini tidak memiliki cabang hanya ada satu-satunya di Rengasdengklok. Sorabi kuntilanak ini dibuat dengan dua rasa yaitu rasa durian dan gula merah biasa.
Sorabi kuntilanak ini dibuat dengan rempah-rempah alami yang sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet.  Adapun warna hijau pada sorabinya berasal dari daun suji yang menjadi ciri khas dan menghasilkan aroma wangi yang juga khas. Pembuatan gulanya pun masih menggunakan bahan asli dan tidak menggunakan zat perasa buatan, akan tetapi asli dibuat dari durian dan gula merah.  Keunikan lainnya juga yang menjadi ciri khas yaitu cara pembuatannya yang masih tradisional menggunakan kayu bakar dan dengan cetakan tradisional dari tanah liat yang menjadikan aroma dan rasanya yang khas.
2.      Kerupuk Bontot
Kerupuk Bontot atau kerupuk udang. Kerupuk udang ini berbeda dari kerupuk udang yang lain. Kerupuk bontot ini merupakan kerupuk khas dari daerah Rengasdengklok yang pastinya jarang ditemui di daerah lain. Kerupuk Bontot ini merupakan bahan baku setengah jadi untuk pembuatan kerupuk udang.  Kerupuk bontot ini dibuat dari tepung terigu dan campuran udang. Penyajian kerupuk ini hanya dengan digoreng lalu diangkat dan siap dihidangkan. Kerupuk bontot ini memiliki tekstur makanan yang agak sedikit kenyal dan tebal ketika dimakan. Tekstur kerupuk ini ketika sudah digoreng seperti cimol akan tetapi lebih tebal dan kenyal.
3.      
     Sangtau
Sangtau adalah singkatan dari sangu tahu. Sangu tahu yang berarti nasi tahu adalah makanan yang banyak ditemui di daerah karawang. Sangtau ini sama seperti kupat tahu akan tetapi memiliki perbedaan dari racikan masakannya. Sangtau ini memilki ciri yang khas yaitu dari bumbunya yang biasanya diracik dengan bumbu kacang yang kental akan tetapi sangtau ini dibuat dengan racikan bumbu kacang yang tidak terlalu kental. Sangtau ini disajikan secara sederhana hanya sepiring nasi dan tahu yang diberikan sedikit tauge dan disiram dengan bumbu kacang.

Destinasi Wisata :
1.      Pantai Tanjung Pakis
Pantai tanjung pakis ini terletak di ujung utara kota karawang. Pantai ini berada di kecamatan pakis jaya yang berjarak 70 km dari ibu kota kab. Karawang. Pantai tanjung pakis ini memiliki pasir putih dengan ombak yang tenang. Pantai ini sudah memiliki banyak fasilitas yang disediakan seperti tempat penginapan, kamar bilas, warung makan tradisional yang banyak menyediakan ikan bakar di sepanjang pantai dan juga tersedia panggung hiburan yang biasa sering diadakan acara musik di akhir pekan.
2.      Pantai Tanjung Baru
Pantai tanjung Baru terletak di ujung utara karawang. Lokasi pantai ini terletak pada teluk di semenanjung antara Kab. Subang dan Kab. Karawang. Pantai ini berada di kecamatan Cilamaya sekitar 45 km dari ibu kota Kab. Karawang.
 Pantai tanjung baru ini tidak jauh berbeda dengan pantai lain yang berada di Kab. Karawang seperti pantai tanjung pakis. Terdapat banyak fasilitas yang sudah di sediakan seperti tempat penginapan, rumah makan tradisional, pasar tradisional, kamar bilas dan panggung hiburan. Pantai ini juga menyediakan tempat penyewaan perahu tradisional bagi para pengunjung.
3.      Pantai Samudra Baru
Pantai Samudera Baru berlokasi di Kecamatan Pedes sekitar 30 km dari ibu kota Kab. Karawang. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi andalan di Kab. Karawang setelah pantai tanjung pakis. Pantai ini sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat penginapan, kamar bilas, tempat makan tradisional dan panggung hiburan serta penyewaan perahu tradisional. Pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak yang tenang.
4.      Curug Cigentis
Curug Cigentis adalah salah satu tempat wisata yang menjadi keunggulan  masyarakat Karawang. Curug Cigentis ini terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Curug atau air terjun ini berada tepat di kaki Gunung Sanggabuana. Selain curugnya di lokasi ini pengunjung akan menemukan objek wisata lain yang memiliki konsep keluarga, objek wisata tersebut bernama ‘’Kampung Wisata Cigentis’’. Curug Cigentis ini sudah dilengkapi fasilitas yang memadai seperti flying fox, motor atv, waterboom, villa untuk penginapan, tempat makan dan kamar mandi.
5.      Curug Bandung
Selain Curug Cigentis Kab. Karawang pun memiliki Curug lain yaitu Curug Bandung. Objek wisata Curug Bandung ini terletak di Desa Mekarbuana, Kec.Tegalwaru dan hanya berjarak sekitar 42 kilometer dari Ibu Kota Kab. Karawang. Untuk menuju lokasi wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 3 kilometer. Objek wisata ini terletak di kaki gunung Sanggabuana. Curug Bandung ini memiliki salah satu keajaiban alam karena memiliki 7 curug dalam satu aliran sungai. Nama curug tersebut adalah Curug Peuteuy, Curug Picung, dan curug yang terbesar adalah Curug Bandung.
6.      Candi Jiwa
Candi Jiwa ini terletak di dua lokasi yaitu di desa Segaran Kecamatan Batu Jaya dan di Desa Telaga Jaya Kecamatan Pakis Jaya Kab. Karawang. Situs komplek Candi Jiwa ini di perkirakan tersebar di areal persawahan dan pemukiman penduduk. Memiliki  ukuran sekitar 5 Km persegi dan diperkirakan, bahwa situs kompleks percandian ini jauh lebih luas dari kompleks candi Budha Borobudur di Jawa Tengah, yang kini tercatat sebagai salah satu dari 8 Keajaiban Dunia.
Candi Jiwa ini memiliki berbagai artifak yang di temukan dikompleks percandian tersebut di antaranya adalah : berbagai jenis keramik, tablet/materai bergambar relief Budha, prasasti terakota berisi mantram Budha, dan lain sebagainya.

By:  : Mustika Insani

No comments:

Post a Comment