Sunday, September 6, 2015

Destinasi di Kab.Bogor


Nama saya Yusuf Tri Hartanto, teman teman saya biasnya memanggil saya Ucup. Saya asli Kab.Bogor, destinasi yang ada di Kab.Bogor yaitu danau dora Danau dora adalah sebuah danau yang terletak di cibinong, tepatnya lagi di komplek LIPI. Danau Dora termasuk lahan hijau yang dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk mengurangi global warming.
Kenapa di sebut danau dora? Semasa pembangunan danau ini banyak anak kecil yang bermain di danau ini dan memang pada saat itu film “film dora the explorer” sedang memarak di kehidupan anak kecil. Jadilah danau itu di sebut danau dora tidak banyak yang mengetahui keberadaan danau ini namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang berkunjung ke danau dora bahkan danau dora banyak di jadikan sebagai sarana tempat berolahraga atau jogging.
Selanjutnya ada curug bidadari Terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, PropinsiJawa Barat. Curug Seribu memiliki ketinggian air yang mencapai 100 meter dengan curahan air yang besar. Sumber air curug berasal dari Gunung Salak dan mengalirmengikuti arah Sungai Cikuluwung.  Selama menuju ke curug ini akan ditemui tiga air terjun tambahan berada di sisi kanan jalan dengan masing-masing berketinggian antara 5 hingga 10 meter namun dengan debit air yang kecil.

Curug Seribu ini berada di ketinggian antara 750-1.050 meter dari permukaan laut (dpl) dan termasuk dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak di bawah naaungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).  Selain Curug Seribu masih ada 3 curug lagi di kawasan ini yaitu Curug
Cihurang, Curug Ngumpet, dan Curug Cigamea.  Semua curug tersebut terletak dekat dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau.

 Tiket masuk ke kawasan ini adalah Rp 3000 per orang dan ongkos parkir adalah Rp 1000 per motor.  Sedangkan tiket masuk ke kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) adalah Rp 7000 per orang termasuk kendaraan roda dua.
Di obyek wisata ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung antara lain MCK, mushola, camping ground,shelter,dan warung makan. 

By: Yusuf Tri Hartanto

No comments:

Post a Comment