Sunday, September 6, 2015

Bogor from Adam

Bogor memiliki banyak destinasi wisata yang ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan dalam negri. Salah satunya adalah Salah satu objek wisata yang ada di kawasan ini adalah Taman Riung Gunung.Sebagai objek wisata yang lokasinya berada di kawasan Puncak, Taman Riung Gunung menyajikan pesona alam yang begitu memukau. Pemandangan hijau perkebunan teh akan menjadi sajian utama di tempat wisata ini. Beberapa fasillitas seperti sarana bermain untuk anak-anak, teawalk, kolam renang, area outbond hingga flying fox tersedia disini. Tempat ini juga menyediakan resto lesesan untuk acara kumpul-kumpul keluarga/teman. Akfitivas paling seru di tempat ini adalah jalan-jalan menelusuri area perkebunan teh sambil merasakan sejuknya hawa pegunungan khas Puncak. Damai.


Gambar Taman Riung Gunung
Wisata alam selanjutnya yaitu Telaga Warna. Telaga ini berada di desa Tugu, kecamatan Cisarua. Tidak jauh dari Puncak Pass. Di tempat ini kegiatan yang dapat dilakukan yaitu bisa duduk-duduk manis sambil bercengkrama dengan teman atau keluarga. Air di telaga ini sangat tenang. Dikelilingi oleh pepohonan yang membuat suasana menjadi semakin sejuk. Untuk yang menyukai tantangan, bisa mencoba wahana flying fox yang akan membawa terbang melintas diatas telaga.


Gambar Telaga Warna
Untuk yang menyukai wisata air terjun yaitu Curug Cilember, Bogor juga mempunya sebuah area yang memiliki 7 buah air terjun sekaligus. Kawasan wisata yang memiliki 7 air terjun tersebut berada di desa Jogjogan, kecamatan Cisarua. Masih di kawasan Puncak. Di tempat ini terdapat 7 buah air terjun dengan pemandangan yang indah, khas daerah pegunungan. Berada di area air terjun ini akan menghadirkan suasana yang sejuk dan nyaman. Dapat menikmati gemuruh suara air terjun dengan menikmati sejuknya suasana. Di area Curug 7 Cilember ini juga terdapat penangkaran kupu-kupu. Dapat melihat serangga tersebut dari jarak dekat.

Gambar Curug Cilember
Selain air terjun Bogor juga memiliki destinasi wisata pemandian air panas di desa Ciseeng yang berada di kecamatan Parung. Disana ada sebuah tempat pemandian air hangat yang akan membuat badan menjadi segar. Salah tempat yang menyediakan pemandian air hangat di Ciseeng adalah Tirta Sanita. Disana dapat merasakan segarnya air hangat yang berasal dari sumber air Gunung Kapur Ciseeng. Selain bisa mandi air hangat alami, juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang indah. Air hangat di Ciseeng ini memiliki tida unsur yakni garam, belerang dan kapur.Mandi air hangat alami, seperti di Ciseeng ini, diyakini bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit terutama yang berkatian dengan kulit.

Gambar Pemandian Air Panas Ciseeng Parung
Selain Ciseeng, ada juga tempat pemandian air panas lain di Bogor. Pemandian air panas tersebut adalah Air Panas Ciparay. Lokasinya berada di desa Gunung Sari, kecamatan Pamijahan. Disini juga dapat  merasakan segarnya mandi air hangat alami di alam terbuka.
Untuk bisa sampai ke lokasi pemandian harus sedikit berjuang.dalam perjalanan  akan melewati ratusan anak tangga yang cukup melelahkan. Namun, rasa lelah itu niscaya tak akan terasa karna pemandangan di sepanjang perjalan benar-benar asri. Lokasi pemandian air panas di Ciparay berada sekitar 5 km dari pintu gerbang kawasan wisata Gunung Salak Endah.

Gambar Pemandian Air Panas Ciparay
Bogor juga memiliki wisata alam seperti keindahan di dalam goa yang terdiri atas stalagmite dan stalaktit telah berhasil meracuni pecinta traveling untuk mengeksplorasi isi goa. Goa Gudawang berada di desa Argapura, kecamatan Ciguged. Di goa ini dapat menemukan indahnya ukiran-ukiran alami stalagmite dan stalaktit yang akan membuat pengunjung menjadi kagum. Kompleks goa Gudawang ini terdiri atas beberapa goa. Adapun goa yang sudah dieksplorasi adalah goa Simasigit, goa Sipahang, dan goa Simenteng.

Gambar Goa Godawang


By: Muhamad Adam Rusmana

No comments:

Post a Comment