Friday, September 4, 2015

Destinasi Wisata yang ada di Palembang


            Palembang merupakan salah satu kota yang ada di Pulau Sumatera, tepatnya di Sumatera Selatan. Kota Palembang terdapat banyak destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah,wisata belanja sampai wisata kuliner.
            Destinasi wisata alam yang dapat dilakukan di Kota Palembang yaitu, berkunjung ke Pulau Kemarao. Pulau kemarao termasuk kedalam Cerita Rakyat Sumatera Selatan. Pulau Kemarao merupakan kisah cinta antara Tan Bun An dan Siti Fatimah yang menyeburkan diri karena ingin mengambil emas yang dikira Tan Bun An adalah sayuran yang busuk, beberapa saat setelah Tan Bun An menyeburkan diri ke Sungai Musi dan tidak terlihat lagi, Siti Fatimah ingin menyusul Tan Bun An tetapi sebelum itu ia berpesan kepada dayangnya, jika ia dan Tan Bun An tidak kembali maka akan ada pulau yang muncul, namakanlah pulau ini “Pulau Cinta Pulau Kemaro”.
            Pulau kemarao ini memiliki 1buah Pagoda yang bertingkat 9, pagoda ini memiliki warna yang menarik dan tangganya dibuat menyerupai naga. Pulau Kemarao ini juga memiliki patung biksu dan dewi Cina yang melambangkan kalau pulau ini merupakan pulau kebanggaan dari etnis Tionghoa.
           Destinasi wisata lainnya yang ada di Kota Palembang yaitu Jembatan Ampera. Jembatan Ampera merupakan singakatan dari “Amanat Penderitaan Rakyat” dan juga jembatan ini merupakan item yang melambangkan kota Palembang, karena jembatan ini dibuat oleh orang Jepang yang katanya terbuat dari tengkorak manusia, sehingga masih kokoh sampai sekarang selain itu jembatan ini pada zaman dahulu bisa diangkat jika ada kapal pesiar tinggi yang akan lewat dibawah jembatan. 

           Selain itu, juga ada destinasi wisata lain disekitarnya yaitu Benteng Kuto Besak dan juga ada Monpera atau “Monumen Ampera”. Monpera ini memiliki bentuk yang unik, semakin keatas, ruangan dari monpera ini semakin kecil dan ini merupakan tempat bersejarah di Kota Pelmbang.
            


            Masih banyak destinasi wisata lainnya yang ada di Kota Palembang, tetapi jika dideskripsikan semua akan memakan waktu yang lama. Destinasi wisata itu meliputi; Kampung Cina, Masjid Cengho, Rumah Songket, Taman Makam Pahlawan dan lain sebagainya.

            Wisata kuliner yang bisa dilakukan di Kota Palembang yaitu, menikmati makanan khas Palembang yang sangat terkenal yaitu Pempek Kapal Selam, maupun pempek kecil selain itu juga ada pempek panggang. Model ikan jugamerupakan makanan khas daerah Palembang, model ikan ini menyerupai pempek yang berisi tahu, selain itu juga ada tempoyak. Tempoyak merupakan hasil dari duren (durian) yang difermentasikan, durian ini tidak hanya dibusukkan saja, tetapi durian ini akan diolah/dimasak menjadi sambal tempoyak yang akan menghasilkan citra rasa yang sangat lezaat. Tempoyak ini bisa digunakan untuk mengolah berbagai macam ikan, ikan yang biasanya digunakan yaitu ikan patin. Warga/masyarakat kota Palembang sering menyebutnya pepes tempoyak.


            Demikianlah destinasi wisata yang ada di daerah asal saya, yaitu Palembangg Sumatera Selatan. Semoga bisa dijadikan referensi ketika ingin/akan mengunjungi daerah asal saya yaitu Palembang, Sumatera Selatan.

By: Merita Putri Puspa Dewi

No comments:

Post a Comment